Jumat, 22 Maret 2013

LAPORAN PENDAHULUAN MINGGU 1 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI

1. Sebutkan definisi Tabungan berdasarkan :

a. SKAPI, 1992

JAWAB :

simpanan dana masyarakat yang penarikannya dapat di ambil sewaktu - waktu atau badan usaha yang menghimpun dana dan masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat.

b. UU No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan

JAWAB :

Pengertian tabungan menurut Undang-Undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 adalah simpanan yang penarikannya banya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

2. Sebutkan 3 macam perhitungan bunga tabungan !

JAWAB :

Metode / Cara Menghitung Bunga Tabungan Bank

Secara umum ada 3 metode atau cara menghitung bunga tabungan yaitu :

1. Saldo Terendah

2. Saldo Rata-rata

3. Saldo Harian

3. Menurut anda, siapa saja yang terlibat dalam sebuah proses kegiatan dalam sebuah bank konvensional ?

JAWAB :

Pemegang Saham, Pengelola Bank dan Nasabah

4. Sebutkan keunggulan tabungan dibandingkan dengan produk perbankan lainnya !

JAWAB :

1. Aman. Uang disimpan dengan aman di bank,tidak mudah di curi maupun tercecer.

2. Terjamin. Tabungan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan yang ada.

3. Berkembang. Bank akan memberikan bunga yang dihitung berdasarkan saldo tabungan.

4. Praktis. Terdapat kemudahan layanan perbankan elektronik 24 jam per hari antara lain ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, Phone Banking dan Call Center.

5. Hemat. Kalau terbiasa menabung, Anda dapat menyisihkan uang dan terhindar dari kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

5. Berikan salah satu contoh penerapan sistem komputerisasi pada dunia perbankan atau dalam kegiatan Bank !

JAWAB :

Penerapan Sistem Teknologi Informasi pada Organisasi / Perusahaan perbankan Penerapan sistem informasi pada organisasi memerlukan suatu perencanaan yang matang. Bila dilakukan secara tergesa-gesa tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu dikhawatirkan akan memakan biaya yang mahal, kemungkinan ada biaya baru baik untuk riset kelayakan dan lain-lain akan menambah biaya selanjutnya. Dalam penerapan sistem informasi maka masalah finansial merupakan faktor yang sangat penting.

Finansial merupakan salah satu strategi untuk menunjang berjalannya suatu sistem pada organisasi. Contoh dalam hal ini adalah penerapan sistem ATM pada bank-bank di Indonesia. Para nasabah pengguna ATM tersebut akan merasa kecewa bila datang ke sistem teknologi ATM tersebut ternyata uang tidak bisa keluar atau macet, ini tentunya akan menyebabkan nasabah memilih jaringan sistem pada suatu bank yang lebih lancar dan memuaskan nasabah. Uraian di atas menunjukkan bahwa suatu sistem teknologi informasi haruslah melalui perencanaan yang matang.

Kualiats sumber daya manusia yang menguasai sistem teknologi informasi juga sangat diperlukan. Kalaupun perencanaan untuk mengembangkan sistem teknologi sudah dipersiapkan namun tanpa didukung oleh adanya sumber daya manusia yang berkemampuan dan berpengetahuan (skill) di bidang teknologi informasi tersebut, sistem teknologi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sumber daya manusia yang berkemampuan di bidang teknologi informasi sangat menunjang kemungkinan penerapan sistem teknologi informasi pada suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan isi komentar di postingan ini. T`rima Kasih...

 
Related Posts with Thumbnails